Senin, 20 Juli 2015

MAKAN DI RESTORAN MEWAH TUGU KUNSTKRING PALEIS

Sebuah bangunan peninggalan era kolonial yang kini menjadi sebuah restoran yang terletak di Menteng Jakarta Pusat, Tugu Kunstkring Paleis menempati salah satu daftar retoran mewah yang layak untuk dikunjungi.  


Wajah anggun Tugu Kunstkring Paleis berhiaskan lampu temaram nan elok.


Berawal dari sebuah gedung yang didirikan oleh Pemerintah Kolonial pada 17 April 1914 dengan nama Nederlandsch-Indische Kunstkring of The Dutch East Indies yaitu Galeri Lingkar Seni Hindia Belanda sebagai pusat promosi seni pada masa itu.




Dominasi warna emas pada setiap elemen interior merepresentasikan kemegahan restoran ini.


Bangunan sempat mengalami perubahan fungsi beberapa kali hingga akhirnya satu abad kemudian gedung ini berubah fungsinya menjadi sebuah restoran pada bulan April 2013.


Sebuah sudut dengan tema ruang tamu yang mewah di lobi guest room.


Dibawah naungan Hotel Tugu, restoran ini mendapatkan namanya sebagai Tugu Kunstkring Paleis tanpa merubah keindahan arsitekturnya. Namun demikian gedung ini masih sepenuhnya milik pemerintah DKI Jakarta.




Bagian dalam restoran dipenuhi dengan interior bergaya baroque dengan nuansa kerajaan yang mewah, klasik karena pengaruh unsur budaya Eropa dan Jawa.






Nuansa Eropa klasik  sangat mendominasi tiap sudut restoran.


Lampu bergaya baroque dari era kolonial yang menghiasi langit-langit restoran.




Setelah mengelilingi ruang lobi di bagian depan, sobat jajan disambut dengan gebyok yang merupakan pintu masuk ke area dining room yang dinamakan Ruang Diponegoro.


Gebyok dari Jawa dengan inisial MN yang merupakan kepanjangan dari Mangkunegaran.




Dengan konsep fine dining restaurant, Tugu Kunstring Paleis memiliki area dining room yang luas lengkap dengan long table yang cocok untuk acara formal dan juga single table yang romantis. Dengan konsep dan nuansa restoran yang ada membuat kita serasa seperti Tamu Kerajaan.


Makan di ruangan ini serasa menjadi tamu negara yang sedang menghadiri acara kenegaraan.


Long table di area dining room.


Single table untuk suasana yang lebih romantis.


Round table di VIP room.


Selain area dining, di restoran ini juga terdapat ruang wine test dan juga galeri seni yang menyatu dengan restoran ini. Di galeri seni sobat jajan bisa menemukan banyak benda-benda seni yang bisa dikoleksi dan tentunya untuk komersil.


Ingin suasana yang lebih intens sobat jajan bisa pilih area dining room bertemakan interior oriental.


Area bar dekat dengan area oriental.


Lalu bagaimana dengan menu restoran ini? Tugu Kunstkring Paleis menyajikan menu hidangan Indonesia dan peranakan. Sesuai dengan menu yang ditawarkan, keunikan nama-nama menunya diperoleh dari Bahasa Belanda, Mandarin dan Indonesia. 





Kebetulan untuk kesempatan kali ini saya menghadiri acara Halal Bihalal bersama teman-teman foodies dari Zomato. Seperti apa menu yang kami coba hari itu? Simak ulasan berikut ini sobat jajan.


MAIN COURSE
Kungpao Stuffed Crispy Duck
Terdiri dari filet bebek panggang yang sudah diungkep lengkap dengan jamur shitake, akar teratai dan baby kaylan yang disiram dengan saus black vinegar. Daging bebeknya tender, sausnya manis dan enak, keseluruhan menu ini enak dan layak untuk dicoba sobat jajan.


Kungpao Stuffed Crispy Duck (Rp. 108K).


Kunstkring Roasted Chicken
Terdiri dari ayam yang dipanggang perlahan bersama lima rempah yang dimasak bersama lemon orange dan saus brandy lengkap dengan kentang jullienne dibagian bawahnya. Ayamnya enak, di bagian luar terasa crispy namun tetap empuk pada bagian dalamnya. Sausnya asam dan manis dengan citarasa citrusy yang segar namun cocok sekali dipadukan dengan ayamnya.


Kunstkring Roasted Chicken (Rp. 108K).


Nonya Lemongrass Satay
Ayam goreng yang dimasak dengan sereh dan bumbu kari. Kuahnya enak, ayamnya juga enak, perpaduan bumbunya begitu harmonis saat masuk ke dalam mulut. Patut dicoba buat sobat jajan yang suka masakan pedas.


Nonya Lemongrass Satay (Rp. 98K).


Steamed Barramundi Curry
Ikan kakap putih yang dimasak dalam kuah kari, jeruk purut dan terong bulat sebagai pelengkap. Ikan kakapnya begitu tender, kuah karinya juga lezat. Perpaduan flavor yang kuat dan ikan yang lembut membuat hidangan ini masuk dalam daftar menu favorit saya.


Steamed Barramundi  Curry (Rp. 128K).


Prawn Wonton
Hidangan oriental ini juga enak, wonton udangnya begitu lembut, sausnya manis dan gurih. Hidangan ini juga masuk dalam daftar menu favorit saya.


Prawn Wontons (Rp. 88K).


Tjwiemie Malang
Mie ayam a la Kunstkring yang disajikan secara terpisah dengan kuahnya ini agak terlalu salty buat saya,  jadi yang ini bukan favorit saya.


Tjwiemie Malang (Rp. 68K).

DESSERTS
Appleflapen
Apple pie dengan aroma kayu manis yang kuat lengkap dengan ice cream dan raisin membuat hidangan manis ini sangat tepat dijadikan hidangan penutup hari itu. condiment berupa peanut caramel turut melengkapi kelezatan dari dessert ini.


Appleflapen (Rp. 58K).


Tugu Signature Choco
Dessert berupa chocolate souffle atau molten lava cake dengan ice cream vanilla. Baik dimakan saat masih panas agar bagian dalam souffle masih berbentuk cair, bila didiamkan lama maka panas dari souffle itu sendiri akan mematangkan bagian dalamnya sehingga konsistensinya tidak lagi cair.


Tugu Signature Choco (Rp. 68K).


Es Uing-uing Halo Palu Butung
Es Uing-uing merupakan es palu butung yang terdiri dari bubur sum-sum, pisang, syrup dan es serut. Rasanya enak dan otentik sekali. 


Es Uing-uing (Rp. 58K).


DRINKS
Orange Juice
Porsinya besar, manis dan asamnya pas banget, sangat refreshing dan berbeda dengan jus jeruk pada umumnya yang hanya menggunakan syrup sebagai sumber citarasa jeruknya. Jus jeruk ini masuk dalam list minuman favorit saya.


Orange Juice (Rp.38K).


Strawberry and Banana Smoothies
Rasio perbandingan dari pisang dan strawberry nya sangat pas dan seimbang, masing-masing masih memiliki karakter rasa dan aromanya. 


Strawberry and Banana Smoothies (Rp. 38K).


Apple Ginger Smoothies
Smoothies dengan citarasa jahe yang hangat, aroma jahenya cukup kuat dan menghangatkan tenggorokkan, namun demikian rasa apalnya tidak tertutup oleh jahenya. Rasa apelnya berpadu dengan baik bersama hangatnya ginger.


Apple Ginger Smoothies (Rp. 38K).


Hot Chocolate
Pecinta hot chocolate paling pas kalau pesan minuman yang satu ini, tampilannya menarik dan tentunya tidaklah mudah membuat lapisan seperti itu pada minuman ini. Dibalik itu semua, rasa hot chocolate ini enak dan manisnya pas banget.


Hot Chocolate (Rp. 28K).


Honey Dew Melon Juice
Bukan jus melon biasa, rasa melonnya ringan namun long lasting di mulut dan pastinya refreshing banget. Recommended buat dicoba.


Honey Dew Melon Juice (Rp. 38K).


Meik Wei Meik Wei
Tidak disangka kalau nama ini merupakan nama minuman. Aslinya minuman in adalah mocktail yang terdiri dari strawberry, brown sugar, potongan lime dan lime soda. Rasanya segar banget, minuman ini patut untuk dicoba sobat jajan.


Meik Wei Meik Wei (Rp. 45K).

Koh I Noor
Merupakan minuman mocktail yang terdiri dari fresh mango, orange juice dan lime soda. Rasanya refreshing banget, salah satu minuman favorit saya.


Koh I Noor (Rp. 45K).


Green Tea Mango Smoothies
Rasanya cukup unik, perpaduan green tea dan mango merupakan perpaduan yang jarang ada pada sebuah minuman. Namun minuman ini bukan favorit saya.


Green Tea Mango Juice (Rp. 38K).


Nah sobat jajan, kalau ingin merasakan suasana yang sedikit berbeda dari sebuah restoran fine dining, kalian bisa menentukan pilihan tempat makan spesial di Tugu Kunstkring Paleis.


Bersama teman-teman blogger dan foodies dari Zomato. Photo credits to Calvin Heryson .


Selamat mencoba sobat jajan dan share pengalaman kamu di restoran Tugu Kunstkring Paleis di postingan ini.


Follow Jajan Beken untuk info paling update

INSTAGRAM | TWITTER | GOOGLE+

______________________________________________________

RATING
Ambience : Excellent
Taste : Good
Service : Excellent

FACILITIES
Wifi : Yes
Plug : Yes
Dine in : Yes
Bar : Yes
VIP Room : Yes
Outdoor : Yes, 2nd floor
Delivery : Yes, limited area
Toilet : Yes
Mushola : Yes
Parking : Yes

CONTACT
Address : Jl. Teuku Umar No.1 Menteng, Jakarta Pusat, 10350 
Phone : 021-3900899
E-mail : kunstkring@tuguhotels.com
Instagram : @kunstkring
Twitter : @tugukunstkring

INFORMATION
Open hour : 11 AM - 12 AM
Price Range : Food (Rp. 22 - 398K), Drinks (Rp. 23 - 110K)
Tax 10%, Service 5%

MAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar